RATUSAN SEKOLAH di KOTA TERAPKAN SISTEM MERDEKA ~ Detak Inspiratif | Berita dan informasi terkini Indonesia
RUNNING STORY :
Loading...

RATUSAN SEKOLAH di KOTA TERAPKAN SISTEM MERDEKA

-

Baca Juga

Amien Wachid Kadis P & K Kota Mojokerto

MOJOKERTO, Ratusan sekolah di Kota Mojokerto bakal menerapkan kurikulum merdeka. Penerapan kurikulum ini diikuti tiga jalur, yakni mandiri berubah, mandiri belajar, dan mandiri berbagi.

Kurikulum ini diikuti 64 TK, 59 SD, dan 19 SMP selama tahun ajaran baru 2022/2023.’’Mereka sudah daftar untuk menerapkan implementasi kurikulum merdeka (IKM). Beda-beda pilihannya, sesuai dengan kesiapan sekolah. Sekolah dibebaskan memilih dari jalur tersebut,’’ jelas Kepala Dinas P dan K Kota Mojokerto Amin Wachid melalui Kepala Bidang SMP Dinas P dan K Kota Surakarta Lucky Hariyanti Budiono.

Untuk sementara ini jalur mandiri berbagi belum bisa diterapkan pada lembaga di Kota Mojokerto. Pasalnya, di Kota Mojokerto belum ada sekolah penggerak. Sementara jalur ini hanya bisa diterapkan bagi satuan pendidikan yang sudah menjalankan sekolah penggerak.

’’Khusus mandiri berbagi, itu kurikulumnya dibentuk sendiri oleh sekolahnya termasuk buku pembelajarannya. Tapi, untuk di kota, belum ada sekolah penggerak, jadi belum bisa diterapkan,’’ jelas dia.

Target dinas pendidikan menerapkan secara keseluruhan kurikulum merdeka selama tiga tahun ke depan. Kurikulum merdeka, lanjut dia, lebih ditekankan pada penggarapan proyek untuk siswa. Itu disesuaikan dengan bakat masing-masing siswa. ’’Mulai tahun ini, penerapan kurikulum merdeka hanya berlaku bagi kelas VII. Sedangkan yang jenjang SD diterapkan pada kelas I sampai IV,” Kata Ia.

Masih kata Lucky, adapun penerapan kurikulum merdeka di sekolah, tak berimbas pada jam pembelajaran. Sebab, proses kegiatan belajar mengajar (KBM) tetap berlangsung normal seperti penerapan pada kurikulum 2013.

’’Sejauh ini, untuk penerapan kurikulum merdeka jamnya sama dengan kurikulum 13. Hanya saja, memang dalam kurikulum merdeka ini, sekolah dituntut untuk membentuk profil Pancasila di setiap mapelnya,’’ tandasnya. (yud)


Mungkin Juga Menarik × +
VIDEOS
PERISTIWA
Hukum Kriminal
Olahraga

 
Atas
Night Mode