BASMI NYAMUK DBD DENGAN FOGGING SERENTAK ~ Detak Inspiratif | Berita dan informasi terkini Indonesia
RUNNING STORY :
Loading...

BASMI NYAMUK DBD DENGAN FOGGING SERENTAK

-

Baca Juga

 

Kabupaten Mojokerto Jawa Timur perangi nyamuk demam berdarah dengan gerakan fogging serentak di 18 Kecamatan. Meskipun, gerakan fogging bukan solusi terbaik untuk membasmi nyamuk demam berdarah. Namun, masyarakat awam sudah tersugesti dengan fogging. “Kalau tidak fogging, kurang nyaman dihati”. Kemungkinan begitu yang detak inspiratif tangkap fenomena di masyarakat ketika musim pancaroba atau masa transisi dari musim penghujan menuju musim kemarau.

 Gerakan 3 M (menguras, menutup, mengubur) ditambah gerakan basmi jentik nyamuk dan sarang nyamuk di tempat-tempat dimana nyamuk bersarang setiap satu seminggu sekali juga harus dilakukan secara intens dan kontinyu.    

 

dr. Ulum Rokhmat Rokhmawan, M.H

Dikatakan, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mojokerto Jawa Timur dr. Ulum Rokhmat Rokhmawan, M.H, jumlah kasus demam berdarah dengue (DBD) di Kabupaten Mojokerto tahun 2023 telah mencapai 230 kasus. 

 Sedangkan untuk tahun 2024, periode Januari - Maret, tercatat mencapai 143 kasus DBD. Dengan jumlah kasus ini, dinkes mengajak masyarakat agar bergotong royong dalam menjaga kebersihan demi mencegah meluasnya penyakit DBD. 

”Yang penting adalah masyarakat bahu membahu gotongroyong 3 M, yaitu menguras air menggenang, mengubur barang bekas tak terpakai, dan menutup sumber air dengan baik,” Tutur dia.

Lebih lanjut dr Ulum mengatakan agar seluruh stakeholder terkait, mulai dari Dinkes, Kecamatan dan Desa, bersama masyarakat melakukan gerakan preventif DBD. Manakala hal itu di implementasikan secara konsisten, tentunya kasus DBD di Kabupaten Mojokerto bisa diminimalisir. 

Fogging Di Kecamatan Sooko Mojokerto

”Adapun bentuk ikhtiar tersebut adalah melakukan fogging serentak yang kita lakukan hari ini dan Selasa kemarin. Selain itu kembali melakukan gerakan 3M, serta harus menjaga kebersihan lingkungan di sekitar rumah,’’ tandas Ulum.

Dirinya juga mengingatkan untuk terus menggalakkan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN). "Untuk penanggulangan DBD ini, saya minta PSN dimasifkan  untuk cegah kasus aktif, juga tentu koordinasi dengan pemerintah setempat agar bisa terkontrol," Urai dia. (DION)

 

Fogging serentak dilaksanakan di 18 Kecamatan:

1. Mojosari desa Sumbertanggul ( Lokasi Seremonial Fogging Serentak ) 

2. Pesanggrahan dusun Jowinong

3. PURI perum Wikarsa KENANTEN

4. Gedeg desa Gempolkerep

5. Kemlagi desa Japanan 

6. Pacet desa sajen

7. Manduro desa Watesnegoro

8. Kupang desa Mlirip

9. Sooko desa Ngingas Rembyong

10. Gayaman desa gayaman

11. Dlanggu desa sumberkarang

12. Trowulan desa Trowulan

13. Tawangsari desa Tawangsari

14. Trawas desa  kedungudi

15. Jatirejo desa dinoyo

16. Kutorejo desa Kalogoro

17. Kedungsari desa berat kulon

18. Bangsal  desa sumber tebu


Mungkin Juga Menarik × +
VIDEOS
PERISTIWA
Hukum Kriminal
Olahraga

 
Atas
Night Mode